Home Pengetahuan Bagaimana Cara Kerja Ginjal Kita?

Bagaimana Cara Kerja Ginjal Kita?

9
0
Bagaimana Cara Kerja Ginjal Kita?
Bagaimana Cara Kerja Ginjal Kita?

Cerita Muza – Ginjal bekerja dengan efektif membuang sebagian besar produk sisa dari dalam darah kita, dan amat penting untuk kesehatan kita. Kita masing-masing mempunyai dua buah ginjal, yang terletak di belakang dinding perut. Dari dalam setiap ginjal terdapat saluran yang disebut ureter yang memanjang melewati rongga perut masuk ke dalam kandung kemih.

Darah dipompa melewati kumpulan saluran halus di dalam ginjal, dan benda-benda sisa yang membahayakan kesehatan menembus melewati dinding dari pembuluh ini dan masuk ke dalam ureter, selanjutnya ke dalam kandung kemih. Di sini benda-benda tersebut siap dibuang dari tubuh sebagai air seni. Ginjal juga bekerja dengan memproduksi hormon tertentu yang membantu mengatur tekanan darah.

Bagaimana Cara Kerja Ginjal?

1. Penyaringan Darah

Proses dimulai di dalam unit fungsional ginjal yang disebut nefron. Di sini, darah masuk melalui pembuluh darah kecil yang disebut glomerulus. Glomerulus berfungsi sebagai penyaring, memungkinkan air dan zat-zat kecil seperti glukosa, garam, dan limbah untuk melewati dindingnya, tetapi mencegah protein dan sel darah merah keluar.

2. Reabsorpsi

Setelah darah disaring di glomerulus, hasilnya adalah filtrat berupa cairan yang mengandung zat-zat yang diperlukan tubuh dan limbah yang perlu dibuang. Cairan ini kemudian melewati tubulus ginjal, di mana sebagian besar air dan zat-zat penting seperti glukosa, garam, dan asam amino diserap kembali ke dalam aliran darah. Proses ini disebut reabsorpsi dan membantu tubuh mempertahankan keseimbangan cairan dan elektrolit yang tepat.

3. Sekresi

Selain reabsorpsi, ginjal juga melakukan proses sekresi di tubulus. Di sini, beberapa zat tambahan, seperti obat-obatan atau zat-zat yang berlebihan dalam darah, disekresikan ke dalam urin untuk dibuang dari tubuh.

4. Pembentukan Urin

Selama filtrasi, reabsorpsi, dan sekresi berlangsung, cairan yang tersisa dalam tubulus ginjal berubah menjadi urin. Urin kemudian mengalir ke kantong kemih melalui saluran ureter, siap untuk dikeluarkan dari tubuh saat proses buang air kecil.

Fungsi Penting Ginjal

Ginjal tidak hanya bertanggung jawab atas pembuangan limbah dari tubuh, tetapi juga memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan cairan, elektrolit, dan tekanan darah yang sehat. Mereka juga membantu dalam produksi hormon-hormon yang penting untuk pengaturan tekanan darah dan produksi sel darah merah.

Catatan fakta

Sel terdiri dari sitoplasma yang berbentuk seperto jeli, dibungkus oleh membran, yang dapat dilewati oleh zat makanan.