Home Pengetahuan Bagaimana Cara Kita Mencerna Makanan?

Bagaimana Cara Kita Mencerna Makanan?

5
0
Bagaimana Cara Kita Mencerna Makanan?
Bagaimana Cara Kita Mencerna Makanan?

Mamasukkan makanan ke dalam tubuh kita belum cukup untuk mempertahankan kita tetap hidup dan tumbuh. Makanan harus diubah sehingga dapat digunakan oleh tubuh, proses ini disebut pencernaan. Dalam mulut, air ludah membantu menguraikan tepung. Setelah dibasahkan dan dihancurkan dalam mulut, perjalanan makanan dilanjutkan masuk ke dalam lambung.

Di sini, cairan dari dinding lambung dicampurkan dengan makanan, membantu menguraikan protein manjadi bentuk yang lebih sederhana untuk membantu pencernaan. Zat tepung masih terus diuraikan sampai zat-zat dalam lambung ini menjadi terlalu asam.

Zat-zat dalam lambung diaduk agar cairan pencernaan dapat tercampur secara merata dengan makanan. Ketika sudah menjadi lebih cair makanan masuk ke dalam usus halus. Dalam bagian pertama dari usus halus, usus dua belas jari, pencernaan dilanjutkan. Cairan dari pankreas dan hati membantu lebih lanjut menguraikan makanan.

Penguraian protein berakhir di sini, lemak dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih halus, dan pencernaan tepung selesai di sini. Dalam usus halus ini juga makanan yang telah dicerna diserap ke dalam darah dan getah bening (limfa). Akhirnya, dalam usus besar, air diserap dan isi usus menjadi lebih padat, sehingga dapat meninggalkan tubuh sebagai sampah/kotoran.

Bagaimana Cara Kita Mencerna Makanan?

Pencernaan adalah proses penting dalam tubuh manusia yang memungkinkan kita untuk menguraikan makanan menjadi zat-zat yang dapat diserap dan digunakan oleh tubuh. Proses ini melibatkan sejumlah organ dan enzim yang bekerja secara bersama-sama. Mari kita telusuri lebih dalam tentang bagaimana kita mencerna makanan.

1. Mulai di Mulut

Proses pencernaan dimulai di mulut, di mana makanan diunyah dan dicampur dengan air liur. Enzim dalam air liur, seperti amilase, mulai menguraikan karbohidrat menjadi gula sederhana seperti glukosa.

2. Perjalanan ke Lambung

Setelah diunyah dan ditelan, makanan masuk ke lambung, di mana pencernaan dilanjutkan. Lambung menghasilkan asam lambung dan enzim protease, seperti pepsin, yang memecah protein menjadi asam amino.

3. Pencernaan di Usus Halus

Setelah berada di lambung, makanan yang sudah diolah menjadi semacam bubur disebut kaima diarahkan ke usus halus. Di sini, enzim dari pankreas dan empedu, serta enzim dari dinding usus, bekerja untuk menguraikan karbohidrat, protein, dan lemak menjadi bentuk yang dapat diserap.

4. Penyerapan Nutrisi

Nutrisi yang sudah dicerna kemudian diserap melalui dinding usus halus ke dalam aliran darah dan limfatik. Nutrisi seperti glukosa, asam amino, asam lemak, vitamin, dan mineral diserap dan dibawa ke seluruh tubuh untuk digunakan sebagai bahan bakar dan bahan bangunan.

5. Pencernaan Akhir di Usus Besar

Sisa-sisa makanan yang tidak dicerna dan diserap oleh usus halus masuk ke usus besar. Di sini, air dan garam diserap kembali ke dalam tubuh, menghasilkan feses yang padat dan siap dikeluarkan.

6. Pembuangan

Feses, hasil akhir dari proses pencernaan, dikeluarkan dari tubuh melalui anus dalam proses yang disebut buang air besar.

Pentingnya Mikroba dalam Pencernaan

Selain organ dan enzim pencernaan, mikroba dalam usus, seperti bakteri baik, juga memainkan peran penting dalam pencernaan. Mereka membantu dalam pemecahan serat makanan yang sulit dicerna, serta produksi beberapa vitamin B dan K.

Catatan fakta

Kolesterol adalah substansi lemak yang ada dalam darah dan dalam beberapa makanan berlemak. Kolesterol dapat mengendap di dinding pembuluh darah arteri, membuatnya menjadi lebih sempit. Keadaan ini mengurangi aliran darah di dalam pembuluh darah arteri dan dapat menyebabkan terjadinya sumbatan.