Home Pengetahuan Bagaimana Darah Kita Disirkulasikan?

Bagaimana Darah Kita Disirkulasikan?

Pahami mekanisme sirkulasi darah di tubuh manusia: peran jantung, arteri, vena, dan kapiler. Pelajari cara tubuh mengalirkan darah untuk memastikan kesehatan optimal

75
0
Bagaimana Darah Kita Disirkulasikan?
Bagaimana Darah Kita Disirkulasikan?

Darah dipompa dalam aliran yang terus-menerus dari jantung. Darah mengalir di dalam jaringan tabung yang disebut pembuluh darah—arteri, vena, dan kapiler.

Darah dalam arteri langsung berasal dari jantung dan dipompa dengan tekanan, sehingga dinding arteri tebal dan berotot. Darah mengalir dari arteri ke dalam vena melewati kapiler yang kecil, dengan ketebalan kira-kira sepersepuluh rambut manusia.

Kapiler demikian sempit sehingga sel-sel darah merah harus sedikit mengecilkan diri agar dapat lewat. Vena mengembalikan darah ke jantung, dan karena tekanannya lebih kecil, dindingnya lebih tipis daripada arteri.

Jantung
Jantung

Darah kita disirkulasikan melalui sistem peredaran darah yang kompleks dalam tubuh. Proses ini dikendalikan oleh jantung, pembuluh darah, dan darah itu sendiri. Inilah ringkasannya:

  1. Jantung: Jantung adalah pompa otot yang memompa darah ke seluruh tubuh. Terdiri dari empat ruang: dua atrium di bagian atas dan dua ventrikel di bagian bawah. Atrium menerima darah, sedangkan ventrikel memompanya keluar dari jantung.
  2. Pembuluh darah: Ada tiga jenis pembuluh darah utama: arteri, vena, dan kapiler. Arteri membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Vena membawa darah kembali ke jantung. Kapiler adalah pembuluh darah terkecil di mana pertukaran zat terjadi antara darah dan jaringan tubuh.
  3. Siklus: Proses peredaran darah dimulai ketika darah kaya oksigen dipompa dari jantung ke arteri besar, yang kemudian bercabang menjadi arteriol dan kapiler. Di kapiler, oksigen dan nutrisi diserap oleh sel-sel tubuh, sementara limbah dan karbon dioksida diserahkan kepada darah.
  4. Pengembalian: Setelah melewati kapiler, darah yang telah kehilangan oksigen dan kaya karbon dioksida kembali ke jantung melalui pembuluh vena. Dari sana, darah dipompa ke paru-paru di mana karbon dioksida dilepaskan dan oksigen diambil. Siklus ini terus berlanjut.

Proses ini terjadi secara terus-menerus dan memastikan bahwa sel-sel tubuh mendapatkan oksigen dan nutrisi yang mereka butuhkan sambil membuang limbah mereka.

Setiap hari jantung berdenyut sekitar 100.000 kali—itu berarti lebih dari 36 juta kali setahun! Jantung wanita berdenyut lebih cepat daripada jantung pria. Jantung dapat memompa 7 liter darah ke seluruh tubuhmu hanya dalam waktu satu menit; kecepatan darah ini dapat meningkat bila kita sedang berolahraga.