Home Pengetahuan Bagaimana Sendi Bekerja?

Bagaimana Sendi Bekerja?

39
0
Bagaimana Sendi Bekerja?
Bagaimana Sendi Bekerja?

CeritaMuza.com – Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali mengambil kesempurnaan gerakan sendi untuk memberikan kenyamanan dan mobilitas yang diperlukan bagi tubuh kita.ย 

Tubuh manusia mempunyai lebih dari 100 persendian. Beberapa persendian bergerak seperti engsel sederhana, seperti persendian yang ada di siku dan lutut. Persendian lain bergerak ke segala arah, seperti persendian bahu atau yang berada di pangkal ibu jari. Persendian di tulang belakang hanya memungkinkan pergerakan terbatas.

Ujung dari tulang pada umumnya tertutup oleh tulang rawan yang elastis seperti karet dan liat, yang berfungsi sebagai bantalan bagi tulang ketika kita bergerak. Banyak persendian dilumasi dengan cairan seperti minyak yang disebut cairan sinovial. Sehingga persendian itu dapat membengkok dengan bebas. Cairan sinovial tersimpan dalam kantong yang berada di antara lapisan tulang rawan di ujung tulang. Persendian yang dilumasi sinovial dapat bergerak dengan bebas dan tanpa gesekan.

Anatomi Sendi

Sebelum kita membahas tentang cara sendi bekerja, penting untuk memahami struktur anatomi mereka. Sendi merupakan titik pertemuan antara dua tulang yang memungkinkan gerakan tubuh. Ada berbagai jenis sendi dalam tubuh manusia, termasuk sendi engsel seperti siku dan lutut, sendi peluru seperti bahu, dan sendi engsel putar seperti leher.

Setiap jenis sendi memiliki struktur yang unik, termasuk tulang rawan, ligamen, kapsul sendi, dan cairan sinovial. Tulang rawan melapisi ujung tulang di dalam sendi, sedangkan ligamen menghubungkan tulang ke tulang, memberikan dukungan dan stabilitas. Kapsul sendi adalah selaput tipis yang melingkupi sendi, sedangkan cairan sinovial berfungsi sebagai pelumas alami yang mengurangi gesekan antara tulang.

Fungsi Sendi

Sendi memiliki peran penting dalam menjaga mobilitas dan fleksibilitas tubuh. Mereka memungkinkan gerakan seperti melipat, membungkuk, dan memutar, yang penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti berjalan, berlari, dan mengangkat benda. Tanpa sendi yang sehat dan berfungsi dengan baik, kita akan kesulitan melakukan berbagai aktivitas fisik.

Selain itu, sendi juga membantu dalam menyerap tekanan dan stres saat kita melakukan aktivitas fisik. Mereka bertindak sebagai bantalan yang mengurangi dampak pada tulang dan jaringan lunak lainnya. Oleh karena itu, menjaga sendi yang sehat sangat penting untuk mencegah cedera dan mengurangi risiko penyakit seperti arthritis.

Cara Kerja Sendi

Saat kita melakukan gerakan, otot-otot di sekitar sendi berkontraksi dan meregang, memungkinkan tulang untuk bergerak satu sama lain. Proses ini melibatkan kolaborasi antara otot, ligamen, dan cairan sinovial untuk menciptakan gerakan yang lancar dan tanpa rasa sakit. Misalnya, saat Anda menekuk lutut, otot-otot di sekitar sendi lutut berkontraksi untuk menghasilkan gerakan tersebut, sementara ligamen memberikan dukungan struktural.

Catatan fakta

Olahraga secara teratur memperbaiki kekuatan dan daya tahan otot, dan menjaga tubuh tetap lentur. Olahraga dapat juga memperbaiki bentuk dan postur tubuhmu serta memperkuat jantungmu dan memperbaiki aliran darahmu. Olahraga biasanya membuat kamu merasa jauh lebih sehat dan membantumu untuk dapat tidur nyenyak.