KJRI Jeddah Imbau WNI Waspada Cuaca Buruk di Arab Saudi

Jeddah – Kerajaan Arab Saudi sedang diterpa potensi cuaca buruk di awal 2023. Pemerintah Arab Saudi bahkan menutup sekolah-sekolah di sejumlah wilayah dan meminta murid-murid sekolah online.

KJRI Jeddah menyebut bahwa hujan deras sedang sering mengguyur di Arab Saudi. Pihak KJRI lantas memberikan imbauan agar WNI juga menjaga keselamatan di tengah cuaca buruk yang terjadi.

“Terkait cuaca di Saudi, memang hujan lebih sering turun dengan kecenderungan lebih lebat. Untuk itu mohon kepada para WNI khususnya di wilayah KJRI Jeddah agar hati-hati dan tingkatkan kewaspadaan, terutama saat hujan turun,” ujar Konsul Jenderal Republik Indonesia ​di Jeddah, Eko Hartono, kepada Ceritamuza.com, Selasa (3/1/2022).

Lebih lanjut, Eko Hartono menjelaskan bahwa air bisa secara cepat menggenang dan meluap di tempat-tempat tertentu, sehingga WNI diminta waspada.

Meski demikian, Eko Hartono menegaskan bahwa pelayanan di KJRI tidak terdampak oleh cuaca buruk yang sedang terjadi.

“Layanan normal,” jelas Eko.

Sebelumnya dilaporkan, Pusat Meteorologi Nasional di Arab Saudi menyebut hujan besar akan terjadi di area-area Mekkah, Jeddah, dan Rabigh. Ada pula kemungkinan adanya hujan yang sangat lebat (torrential) disertai angin dan hujan es (hail).

Pada November 2022, banjir terjadi di Arab Saudi karena hujan yang deras selama berjam-jam. Kota Jeddah terdampak oleh banjir ini dan membuat dua orang meninggal dunia. Selainitu, banjir bandang juga terjadi di Mekkah pada Desember 2022 sehingga mendisrupsi transportasi.

You may also like...