Terdaftar di Situs Pemerintahan, Honda Forza Terbaru Bersiap Masuk Indonesia?

Yamaha Xmax Connected telah meluncur di Indonesia sejak awal November 2022. Bukan tidak mungkin, skutik terbaru Yamaha itu bakal kedatangan lawan sepadan. Pasalnya Honda Forza terbaru sudah terdaftar resmi di instansi pemerintahan.

Desain sketsa atau purwarupa dari new Honda Forza telah dipatenkan oleh perusahaan. Visual dari motor ini terdaftar di Berita Resmi Desain Industri Nomor 43/DI/2022 yang dirilis oleh Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Desain dan Fitur Honda Forza

Diteliti lebih dalam, gambar paten itu memiliki kemiripan dengan desain Honda Forza terbaru yang lebih dulu diluncurkan untuk pasar otomotif Jepang dan Thailand.

Di ke-2 negara tersebut, Honda Forza hadir dengan isi silinder yang lebih besar, yakni 350 cc. Namun bila nanti resmi meluncur di Indonesia, Astra Honda Motor (AHM) rasanya akan memilih menjual versi mesin 250 cc.

Penyegaran yang dilakukan oleh pabrikan adalah mendesain ulang lampu depan dan lampu belakang yang kini tampil lebih agresif dengan nuansa sporty yang kental. Lalu bentuk garnish headlight, front side cover, hingga list light cover juga punya unsur kebaruan.

Adapun untuk fiturnya, komponen panel meter yang jadi pusat informasi dari kendaraan punya visual yang baru . Kendati demikian masih mengusung layout kombinasi analog dan digital seperti di model lawasnya, atau yang kini masih ditawarkan oleh AHM.

Selanjutnya, di versi paling baru dari Forza, motor ini kedapatan peranti konektivitas atau yang pabrikan sebut sebagai Honda Smartphone Voice Control System (HSVCS). Keseluruhan fungsi bisa operasikan lewat sistem perintah suara lewat gawai dengan aplikasi Honda Road Sync.

HSVCS menawarkan fungsi kontrol panggilan telepon, pesan, musik, sampai navigasi. Yang tak kalah menarik fitur konektivitas ini juga bisa menampilkan ramalan cuaca hingga 5 jam ke depan dan cuaca terkini untuk tujuan yang dituju.

Fitur yang ada pada Forza ini jelas bisa meladeni teknologi konektivitas Y-Connect yang ada di Yamaha Xmax terbaru. Bila nantinya Forza untuk pasar Indonesia hadir dengan teknologi tersebut, dipastikan jadi model pertama dari AHM yang memiliki fungsi konektivitas smartphone.

Honda Forza terbaru juga sudah berbekal fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC), Electric Windscreen, Smart Key, USB Port, Emergency Stop Signal (ESS), dan peranti keselamatan Anti-lock Braking System (ABS) 2-Channel.

Dengan segala ubahan khususnya pada eksterior, sekilas membuat dimensi dari Honda Forza anyar terlihat lebih ramping namun tetap menonjolkan kesan mewah dari sebuah skutik berkubikasi mesin besar.

Perkiraan SpesifikasiSeperti yang sudah dijelaskan di atas, Forza di pasar Eropa dan beberapa negara Asia lain dihadirkan dengan opsi mesin 350 cc. Di Indonesia karena pertimbangan pajak, lebih rasional jika perusahaan menyajikannya dengan pilihan mesin 250 cc.

Belum ada informasi soal pembaruan mesin untuk versi 250 cc. Namun besar kemungkinan akan tetap mengusung enjin lawas. Versi paling baru dari Honda Forza di Tanah Air meluncur pada 8 Februari 2021 lalu. Dia mengusung mesin dengan teknologi eSP+ (enhanced Smart Power+).

Di atas kertas Forza 250 mengemas mesin 250 cc, SOHC, 4-tak, pendingin cairan, dan pengabut injeksi. Rancang ini mampu memompa tenaga maksimal 22,7 Hp pada 7.750 rpm dan torsi puncak 24 Nm pada 6.250 rpm.

Per Januari 2023 ini, Honda Forza 250 dijual dengan harga Rp90.313.000 atau naik Rp6,5 juta dari banderol awal saat peluncuran. Unit yang dijual di pasar domestik adalah hasil impor utuh atau CBU (Completely Built Up) dari Thailand.

Untuk perbandingan harga dengan Yamaha Xmax Connected terbaru yang meluncur pada IMOS 2022, Forza saat ini dijual lebih mahal Rp17 jutaan. Apakah Anda salah satu yang menantikan new Honda Forza?

You may also like...